Mau bisnis tapi gak punya modal, apa solusinya?

MAU BISNISTAPI GAK PUNYA MODAL

Tak jarang saya mendapatkan prospek dengan alasan “Mau sih mba saya bisnis, tapi saya gak punya modal”.

Bagaimana caranya menjadi orang sukses tanpa modal?Jawabnya adalah TIDAK BISA!

Yang artinya, jika kita siap untuk sukses maka harus siap juga modalnya. Dimanapun itu baik bekerja, atau berbisnis jika mau sukses ya HARUS punya MODAL. Saya pun dulu termasuk orang yang tidak punya modal ketika memulai bisnis ini.

Saat ini yang perlu Anda benahi adalah MINDSET atau pola pikirnya terlebih dahulu. Sekarang memang tidak punya modal (uang) tapi bagaimana dengan besok atau lusa? Tidak punya modal saat ini jangan sampai menjadi penghambat Anda untuk sukses. Anda bisa saja memulai bisnis tanpa modal (uang) asal dengan catatan mau berusaha untuk mendapatkan modal itu.

Susaaaaahh?? ya emang susah. Tidak ada cara mudah menjadi orang sukses. Sebab pada kenyataanya kalau mau sukses baik dunia dan akhirat ya Anda harus berjuang dan berkorban. Yang jelas-jelas orang yang punya uang saja tetap harus berjuang apalagi jika tidak punya uang.

Sini saya kasi tau caranya agar modal Anda yang terbatas itu bisa menjadi jadi langkah untuk menjemput sukses.

Langkah pertama : Manfaatkan modal apa saja yang Anda miliki

Sebenarnya, saat ini semua orang punya modal. Modal tidak selamanya uang. Jika Anda punya handphone, televisi, bahkan sepeda motor atau rumah, itu bisa dijadikan modal. Ilmu dan pengetahuan Anda juga bisa dijadikan modal. Anda punya dengkul? Itu juga modal.

Jadi, manfaatkan saja modal yang Anda miliki, betul?

Waktu saya memulai bisnis ini pun diawali dengan modal keyakinan, modal ilmu yang didapat dari upline, termasuk modal dengkul mau kesana kemari cari orderan, dsb. Intinya bergerak tidak mengeluh dan berdiam diri saja.

Langkah kedua : Belajar mendapatkan modal (uang)

Jika Anda tidak punya uang saat ini untuk membangun bisnis. Artinya, Anda belum bisa mendapatkan modal. Sederhana bukan? Mengapa? Kalau anda sudah bisa, pastinya sudah dapat kecuali Anda malas.

Selanjutnya, jika Anda belum bisa atau belum mengetahui cara mendapatkan modal, Anda harus mau BELAJAR. Bukan mengemis atau mengeluh, tetapi belajar.

Belajar kepada siapa? Banyak tempat Anda belajar. Contohnya, adalah teman, saudara, atau tetangga yang sudah sukses dibisnisnya? Jika ada, silahkan silaturahim. Tanyakan baik-baik, bagaimana cara mereka mendapatkan modal.

Bisa jadi, pengalaman mereka tidak bisa Anda lakukan. Jangan patah arang, berterima kasih dan cari nasihat dari orang lain lagi. Tapi, jangan keterusan mencari. Jangan mencari cara mudah, instant, dan pasti jitu tapi carilah ilmu dan pengalaman mereka. Nasihat yang baik kita terima, yang tidak sesuai ya kita buang saja jadikan koreksi untuk diri Anda sendiri. Yang baik sekiranya bisa Anda lakukan, lakukan meski butuh perjuangan dan pengorbanan.

QS AN NAHL : 78

وَاللَّهُ أَخْرَجَكُمْ مِنْ بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ لا تَعْلَمُونَ شَيْئًا وَجَعَلَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالأبْصَارَ وَالأفْئِدَةَ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

“Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.”

Imam Syafi’i mengatakan:
“Barangsiapa menginginkan sukses dunia hendaklah diraihnya dengan ilmu dan … ingin sukses dunia akherat hendaklah diraih dengan ilmu” ~Iman Syafi’i.

N.B : Jangan jadikan alasan tidak punya modal menjadi penghambat Anda untuk sukses. Anda bisa mendapatkan modal dengan memanfaatkan apa yang Anda miliki.  Waktu, pikiran dan tenaga adalah modal Anda juga. Yakinlah ada Allah SWT yang akan menolong segala kesulitan kita. Anda MALAS rezeki bablas, Anda SEMANGAT rezeki mendekat.

Sukses untuk Anda!

Salam dari Mantan Bunda Kantoran
Ratna Intan Mutiarasari
www.pastisuks3s.com

 

No related posts.

About Ratna Intan

Hi saya Ratna Intan, seorang ibu rumah tangga, mantan karyawati Swasta 8 tahun bekerja memilih resign karena ingin selalu berada dekat dengan buah hati. Menurut saya rezeki itu bisa datang darimana saja, dari rumah pun masih bisa menghasilkan. Terbukti saat ini saya sudah memiliki penghasilan 16-17jt/bln dari berbisnis d'BCN Oriflame. Impian saya adalah ingin membahagiakan orang-orang tercinta dan juga orang lain yang membutuhkan.

Speak Your Mind

*